Lukisan anak bangsa dari limbah kulit telur

Sisa-sisa kulit telur yang bagi sebagian besar masyarakat tidak berguna bisa disulap men­jadi lukisan yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Dengan menggunakan limbah cangkang telur, Yudi membuat beragam lu­kisan kaligrafi dan mempro­duk­­si lukisan wajah tokoh-tokoh ter­so­hor di negeri ini.

Ide usaha ini datang di tahun 2010 tepatnya setelah Yudi meli­hat banyak limbah kulit telur yang terbuang sia-sia di lingkungan se­ki­tar tempat tinggalnya. Kebe­tu­lan, ada salah seorang tetang­ga­nya menekuni usaha pembuatan roti yang banyak menggunakan telur ayam. Dari sana Yudi ber­pi­kir, untuk mengkreasikan sisa-sisa kulit telur yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Seni lukis kaligrafi dari limbah kulit telur“Awalnya dari keise­ngan saya di waktu senggang, co­ba-cobalah saya membuat lu­ki­san kaligrafi sederhana dari ku­lit-kulit telur,” tutur Yudi.

Setelah lukisan selesai, Yudi mulai mengupload hasil karya­nya dalam website sederhana yang dibuatnya  dan  ternyata kei­sengan tersebut berbuah manis. Ada permintaan yang masuk se­te­­lah Ia upload ke website. Ke­mu­dian, dalam perkem­ba­ng­an­­nya Yudi merambah objek lukis­an tidak hanya kaligrafis melain­kan mulai melukis wajah tokoh-tokoh tersohor di Indonesia.

Lukisan Suharto adalah karya tokoh nasional yang pertama berhasil dia buat menggunakan sisa kulit telur. “Saya tanya ke orang-orang, siapa yang saya gambar ini dan banyak yang menjawab Suharto. Dan dari situ saya mulai percaya diri dan membuat tokoh-tokoh Indonesia lainnya” katanya.

Kulit telur bagi Yudi memiliki keunikan tersendiri. Setelah dia pelajari terdapat beberapa warna yang dapat dihasilkan oleh kulit telur.  Kulit yang tebal  untuk war­na kulit gelap, sedangkan kulit yang  tipis untuk warna kulit te­rang. Untuk pengerjaannya, kulit telur dicuci dan dibersihkan ke­mu­dian dikeringkan.

Sebelum mengerjakan keraji­nan lukis tersebut, Yudi membuat sketsa terlebih dahulu di sebuah papan atau triplek yang telah di­cat warna hitam. Ketika ditanya ke­­napa warna hitam? Yudi ber­pen­­da­pat, jika bukan latar bela­kang hitam hasilnya akan kurang maksimal dan tidak kelihatan teksturnya. Namun, hanya bagian background yang boleh dicat, sementara seluruh bagian lukisan menggunakan kulit telur.

Pengrajinan limbah kulit te­lur Selain itu, Ia pun tidak meng­gu­­nakan kanvas sebagai me­dia­nya. Pasalnya. Jika meng­gu­na­kan kanvas kulit-kulit telur mudah pecah. Setelah dibuat sketsa  ba­ru­lah kemudian Yudi berim­pro­­visasi. Agar kulit telur tersebut tidak mengelupas, Yudi menem­pel­kannya dengan lem.

[post_ads]

Untuk menghasilkan satu kar­ya lukisan biasanya Yudi membu­tuhkan kurang lebih 300 butir te­lur untuk satu meter persegi trip­lek. Dengan kreativitas yang Ia miliki, saat ini hasil lukisan telur Yudi dijual dengan harga yang berbeda-beda. Bahkan Yudi termasuk salah satu pengrajin yang aktif me­ngikuti pameran. Langkah ini sengaja Ia ambil untuk mengoptimalkan pemasa­ran karyanya secara online.

Mengingat proses pengerjaan kerajinan lukisan kulit telur me­me­rlukan waktu yang lama, yak­ni kurang lebih satu bulan lama­nya, Yudi pun mematok harga lu­ki­sannya dengan harga yang cu­kup tinggi, yakni sebesar Rp 4 Juta-an untuk lukisan ukuran stan­dar 70 x 80 cm.

“Kadang untuk pameran, saya lihat dulu siapa yang mem­bu­ka pameran tersebut dan dima­na dilangsungkannya. Saya  siap­kan lukisan untuk mereka yang hadir di sana. Dan rata-ratanya cara ini terbilang efektif mema­sar­kan lukisan kulit telur saya,” katanya. Disamping cara terse­but, Yudi juga menerima orderan lukisan telur yang datang dari masyarakat luas. Untuk objek lu­kisan, Yudi menyerahkan se­mua­nya kepada para peme­san.

Owner Aneggart hingga tahun 2016 ini, Yudi mengaku perkem­ba­ngan bisnis kerajinan seni lukis telurnya terbilang cukup stabil, andaikata melonjak pun Yudi juga tidak bisa berbuat apa-apa lantaran hanya dirinya saja yang bisa membuat lukisan telur ini.

“Sebulan satu lukisan saja sudah lumayan, kalau lebih dari itu saya tidak mampu mengerja­kan­nya.” tuturnya. Sebab, seperti diketahui untuk pengerjaan luki­san kulit telur butuh kesabaran ekstra tinggi. Yudi mencontohkan un­tuk membuat mata, kumis, butuh serpihan kulit telur yang ukurannya kecil. Lukisannya pun tidak bisa sehari jadi, melainkan butuh waktu berhari-hari untuk mencari warna yang tepat dan me­madukan antar warna dan lain­nya.

Di awal usahanya, Yudi me­nga­kui banyak orang yang menci­bir lukisan kulit telur buatannya karna harganya relatif cukup ma­hal. Namun dia berkilah masalah­nya bukan pada kulit telur yang su­sah dicari melainkan pada ting­kat kesulitan proses pe­ngerjaan­nya. “Ada saja yang mencibir dan kurang menghargai, tetapi tak masalah bagi saya karena seni memang bernilai jual tinggi,” pung­kasnya.

COMMENTS

Nama

Architect Art Business Canvas Celebrity Digital Entertainment Fashion FoodNDrink Graffiti Health Lifestyle Movie Music Photograhy Review Sports Technology Travel TV
false
ltr
item
Jengga: Lukisan anak bangsa dari limbah kulit telur
Lukisan anak bangsa dari limbah kulit telur
https://2.bp.blogspot.com/-u7jxAKYT09Q/Vxm3DIs68AI/AAAAAAAAWj4/57ylnZFgZP4cQrbkXOtfGluMISCziTncACLcB/s400/kulit-telur.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-u7jxAKYT09Q/Vxm3DIs68AI/AAAAAAAAWj4/57ylnZFgZP4cQrbkXOtfGluMISCziTncACLcB/s72-c/kulit-telur.jpg
Jengga
http://www.jengga.com/2016/04/lukisan-dari-kulit-telur.html
http://www.jengga.com/
http://www.jengga.com/
http://www.jengga.com/2016/04/lukisan-dari-kulit-telur.html
true
4399013100268112854
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy