Kemenpora Dorong Daerah Biayai Pembinaan Atlet PPLM



Terkait pembinaan atlet di sentra olahraga PPLM Tahun Anggaran 2016 yang dihentikan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui Asdep Pembinaan Olahraga sudah menyurati Pemprov melaui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTT. Alasan ditiadakan karena pertimbangan masalah kemampuan keuangan negara yang sangat tidak memungkinkan untuk membiayai pembinaan atlet di sentra olahraga PPLM. Demikian yang disampaikan oleh Kadispora Provinsi NTT Nahor Talan di ruang kerjanya, Senin (14/3).

Menurut Nahor, karena pembinaan atlet PPLM ditiadakan oleh Kemenpora, maka Kemenpora menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Pemprov agar melakukan koordinasi dengan perguruan tinggi supaya dilakukan pembinaan sebagaimana biasanya, tetapi dibiaya dari APBD.
Lanjutnya, berdasarkan surat dimaksud Dispora telah membuat telaahan kepada gubernur agar bisa meminta TAPD dan DPRD Provinsi NTT untuk mengalokasikan anggaran baik itu di perubahan anggaran 2016 maupun dari APBD murni 2017 agar pembinaan atlet di sentra olahraga PPLM tetap berjalan.

“Untuk saat ini walaupun para atlet PPLM tidak masuk asrama, tetapi pembinaan tetap jalan dan dibiayai oleh KONI dan Pengprov, tetapi tetap ada koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Dispora,” jelas nahor.

Untuk persiapan para atlet PPLM menghadapi PON, Nahor sangat mengharapkan agar Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) danDewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi NTT menyetujui Dispora menggunakan anggaran mendahului sidang perubahan anggaran 2016, agar pembinaan para atlet PPLP bisa dilakukan secara terfokus, karena jika tidak ditampung di asrama PPLM pembinaan tidak dilakukan secara baik dan hasil yang diperoleh juga tentunya kurang optimal. “Jika para atlet PPLM dibina secara tersentral, maka semnuanya akan dilakukan dengan baik oleh pelatih, pengelola, dan atlet ,”ungkap Nahor.

Nahor juga mengatakan, ia telah minta Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Lambert Tukan untuk membuatkan telaahan berapa biaya yang dibutuhkan untuk satu tahun anggaran. Jika memungkinkan maka pada April nanti para atlet PPLM dipanggil untuk masuk asrama PPLM. Tetapi, jika tidak disetujui oleh TAPD dan DPRD maka pembinaan tetap dilakukan melalui KONI dan pengprov cabang olahraga. “Saya sangat berharap jika TAPD dan DPRD menyetujui Bulan April Dispora segera memanggil para atlet PPLM untuk masuk asrama agar secepatnya di bina secara tersentarl,” harapnya.

[post_ads]

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora NTT Lambert Tukan ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa anggaran untuk Dispora NTT Tahun Anggaran 2016 totalnya Rp 10,5 miliar. Dana dimaksud dibagi empat bidang di Dispora plus pembiayaan rutin, sehingga jika Dispopra dibebankan untuk membiayai atlet di sentra olahraga PPLM, maka biayanya akan membengkak, karena khusus untuk Bidang Peningkatan Prestasi anggaran yang telah disusun sebesar Rp 6 miliar diturunkan menjadi Rp 3 miliar. Sehingga pada Rabu (16/3) nanti, Dispora akan lebih fokus membicarakan hal dimaksud dengan TAPD agar anggarannya dinaikkan sedikit demi pembinaan atlet di sentra olahraga PPLM.

Khusus konsumsi, lanjut Lambert, akan di dorong supaya biaya makan perhari disamakan dengan di Diklat yakni Rp 100 ribu per hari. Khusus PPLP, saat ini biaya makan per hari saat ini Rp 70 ribu perhari dan akan dinaikkan menjadi Rp 75 ribu, sementara PPLD saat ini Rp 50 ribu per hari. Khusus PPLD akan diperjuangkan agar disamakan dengan PPLP yakni Rp 70 ribu per hari. Dengan catatan, di Diklat itu secara fisik energi peserta Diklat tidak terlalu dikeluarkan sama seperti para atlet yang membutuhkan tenaga lebih banyak untuk berolahraga.

Ia berharap, usulan yang disampaikan nanti bisa disetujui oleh TAPD dan DPRD.
Untuk diketahui, sebanyak 14 atlet PPLM telah direkrut oleh masing-masing pengprov sejak Januari lalu, namun tidak dipanggil karena program pembinaannya ditiadakan oleh Kemenpora. Begitu pula dengan para pelatih telah mengikuti seleksi yang dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Dispora NTT. Tetapi, sama halnya dengan para atlet, para pelatih juga tidak dipanggi karena hal serupa.

COMMENTS

Nama

Architect Art Business Canvas Celebrity Digital Entertainment Fashion FoodNDrink Graffiti Health Lifestyle Movie Music Photograhy Review Sports Technology Travel TV
false
ltr
item
Jengga: Kemenpora Dorong Daerah Biayai Pembinaan Atlet PPLM
Kemenpora Dorong Daerah Biayai Pembinaan Atlet PPLM
https://2.bp.blogspot.com/-AN4lkeSk04o/Vxh3rtdfiyI/AAAAAAAAWeY/CKL06o7MgusxgsAuqeGvjzJBSMGQxT5MACLcB/s400/Kemenpora.png
https://2.bp.blogspot.com/-AN4lkeSk04o/Vxh3rtdfiyI/AAAAAAAAWeY/CKL06o7MgusxgsAuqeGvjzJBSMGQxT5MACLcB/s72-c/Kemenpora.png
Jengga
http://www.jengga.com/2016/03/kemenpora-dorong-daerah-biayai.html
http://www.jengga.com/
http://www.jengga.com/
http://www.jengga.com/2016/03/kemenpora-dorong-daerah-biayai.html
true
4399013100268112854
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy